kali ini saya akan menyampaikan tentang jenis mesin apa saja yang di pakai di pesawat beserta keterangannya masing-masing.
syarat yang mutlak harus terpenuhi adalah:
- bobot mesin harus seringan mungkin
- tenaga yang cukup untuk memberikan dorongan pada pesawat terbang
- ekonomis atau tidak boros
- handal dalam arti tidak mudah trouble di segala medan dan cuaca maupun suhu apapun.
sebelumnya, jenis-jenis mesian yang di pakai oleh pesawat adalah:
1. piston engine.
2. pancaran turbin.
1. piston engine
pada piston engin yang di pakai hanyalah yang 4 tak saja, sedangkan yang 2 tak tidak di pakai karena tidak memenuhi syarat di atas.
cara kerjanya mirip dengan piston pada mesin motor, hanya saja pada mesin motor piston di gunalan yntuk memutar roda, tetapi pada mesin pesawat, piston di gunakan untuk memutar propeller untuk lebih jelasnya bisa di liat pada gambar di bawah ni.
tetappi piston di mesin ini bukan hanya satu. biasanya lebih dari dua.
contoh nya seperti ini
untuk lebih jelasnya bisa di liat bentuk aslinya di bawah ni.
untuk piston engine pesawat, hanya segitu ilmu saya, masih belajar sih.
2- untuk pancaran turbin terdapat beberapa macam:
1. JET ENGINE
mesin yang biasa di pakai di pesawat tempur
mesin ini bekerja dengan cara memanfaatkan kompresi yang sangat tinggi akibat hasil pembakaran bahan bakar.
tahap-tahap pembakaran:
-udara di hisap oleh kompresor yang berada pada depan mesin
-udara yang di hisap tadi kemudian masuk ke combution chamber.
-di dalam combution chamber udara bercampur dengan bahan bakardan di bakar
-kemudian pembakaran tadi menyebaabkan kompresi yang sangat tinggi dan pastinya akibat kompresi ini gas hasil pembakaran tadi mendesak keluar.
-karena udara dari kompresor terus saja masuk maka gas yang di dalam mencari jalan keluar lewat exhoust (bagian belakang mesin) dan gas tadi menyembur ke luar.
mesin ini juga untuk menyalakannya menggunakan stater generator.
langkah-langkahnya adalah:
-stater generator di nyalakan dan akan memutar besi utama yang menjadi tempat menempelnya kompresor dan turbin
-karena turbin berputar udara akan masuk ke dalam combution chamber
-setelah itu di bakar dan akan keluar melewati turbin dan ke exhoust.
catatan:
-karena ada udara yang melewati turbin, maka turbin tersebut yang akan memutar besi utama pada mesin setelah stater generator di matikan.
-pembakaran akan terus terjadi selama masih cukup oksigen dan bahan bakar
-untuk mematikan mesin, bahan bakar yang masuk ke dalam mesin harus di hentikan atau saluran udara tertutup.
-jika pada aliran bahan bakar yang sama dan udara yang sama, exhoust yang lebih kecil akan meningkatkan kekuatan semburan selama masih di perbolehkan.
2. turbo fan
motor jenis ini biasa di gunakan pada pesawat angkut berat dengan kecepatan transonic (-+900km/jam)
yaitu jenis motorpesawat yang cara kerjanya mirip dengan jet engine tetapi tenaganya di gunakan untuk memutar fan. fan ini yang akan memberi tenaga untuk menggerakkan pesawat
pada turbo fan 30%udara di bakar untuk menjaka mesin tetap menyala dan 70%nya di gunakan sebagai pendorong dan pendingin.
tenaga yang di hasilkan pun di peroleh dari hasil pembakaran dan dorongan akibat putaran fan
catatan:
-udara yang masuk di bagi menjadi dua 30% di bakar dan 70% melewati bagian luar ruang pembakaran.
3. turbo prop
-motor jenis ini di pakai pada pesawat angkut sedang seperti hercules, casa, ovitank dll
pada mesin ini sebenarnya cara kerja nya mirip dengan dua temannya di atas, tetapi tenaga yang di hasilkan di gunakan untuk memutar propeller yang nantinya jika berputar akan menghasilkan trush. mesin ini dapat mencapai kecepatan sub sonic (-+500km/jam)
energi hasil pembakarannya biasa hanya menghasilkan tenaga yang kurang besar, tenaga inti ada pada proprler.
mesin ini menggunakan reduction gear box agar kecepatan putaran propeler sesuai dengan yang di butuhkan.
catatan:
-jika tidak di beri reduction gear box maka propeller akan berputar sangat cepat dan dapat terjadi banyak turbolend
4. turbo shaft
yaitu jenis motor jet yang tenaganya di gunakan untuk memutarkan poros yang besar yang di gunakan untuk memutar sayap pada helikopter.
cara kerjanya mirip dengan turbo prop, sama-sama menggunakan reduction gear.
sayap pada heli adalah rotasi wing (sayap berputar), sayap yang berputar ini sering banyak yang menyebutnya baling-baling heli, tetapi sebenarnya itu adalah sayap yang di putar.
catatan:
helikopter memiliki sayap yang berputar (rotation wing) dan bukanlah propeler
bagaimana cara helikopter membelok?
BalasHapusbagaimana bentuk piston pada mesin jet?
Heli membelok dengan menggunakan baling2 diblakang ekor, setahu saya :)
HapusSetahu saya sih untuk berbelok menggunakan baling baing yang berada di ekor heli tersebut,
BalasHapusdi mesin jet ga ad pistonya mas
BalasHapusuntuk dpat menghisap udara, kompressor hrus berputar. sumber putarannya (prime mover) dari mana? apakah motor listrik atau motor bakar???
BalasHapus